Berita Terbaru
  1. Analisis Strategi RRQ Kazu, Siap Lengserkan Sang Pemuncak Klasemen?
  2. RRQ Kazu Dominasi Mid Season FFML Season V Divisi 2!
  3. G ARSY APRHODITE KEMBALI PUNCAKI KLASEMEN DAY 5 FFML SEASON V DIVISI 2!
  4. G-Arsy Aprhodite, RRQ Kazu, dan Dragon Phoenix Kuasai Day 4 FFML Season V Divisi 2!
  5. Kupas Strategi G Arsy Aphrodite, Pemuncak Klasemen Week 1 FFML Season V Divisi 2!

Free Fire Indonesia Masters 2021 Fall

Rangkaian acara Free Fire Indonesia Masters 2021 Fall akan segera sampai di acara puncak babak Grand Finals.
Mampukan EVOS Divine mempertahankan gelar juaranya dan menjadi juara 3 kali berturut-turut untuk pertama kalinya dalam sejarah kompetitif FFIM?
Atau akankah para pesaing EVOS Divine memecahkan pertahanan mereka dan melahirkan Juara baru?

Saksikan keseruannya di Grand Finals FFIM 2021 Fall!
Hari, Tanggal: Minggu, 24 Oktober 2021
Pukul: 12:30 WIB
LIVE di Channel YouTube FF Esports ID

Capai target views secara bersamaan, dan dapatkan hadiah GRATIS!
200k views bersamaan: 3x Weapon Royale Voucher
300k views bersamaan: 3x Weapon Royale Voucher, Xayne & Grenade- Pineapple Fizz
450k views bersamaan: 5x Weapon Royale Voucher, Xayne’s Deluxe Bundle, Grenade- Pineapple Fizz & Emote Let’s Go!

Jangan lupa, baca informasi seputar Free Fire Indonesia Masters 2021 Fall di laman Instagram FF Esports ID, dan Facebook FF Esports ID!

#FreeFire
#ConquerTheMasters
#IMReady
#FFIM
#GarenaEsports4ID

Jadwal Pertandingan FFIM 2021 Fall

14-19 Sep
Open Qualifier The Arena
24 Sep
Jumat
Quarter Finals ONLINE MATCH
3 Oktober
Minggu
18:30 WIB
Group Finals A TONTON ULANG
4 Oktober
Senin
18:30 WIB
Group Finals B TONTON ULANG
5 Oktober
Selasa
18:30 WIB
Group Finals C TONTON ULANG
16 Oktober
Sabtu
Play-ins TONTON ULANG
24 Oktober
Minggu
Grand Finals TONTON ULANG

Media Partners:

Peraturan dan Regulasi

1.1 Umum

Rulebook ini merupakan panduan resmi yang dibuat oleh Official Garena untuk mengatur turnamen FFIM 2021 Fall dengan aturan-aturan, jalannya turnamen, dan larangan yang harus dipenuhi oleh tim dan pemain. Rulebook ini dibuat untuk memperkuat dan membentuk suasana permainan yang kompetitif dan menjunjung tinggi nilai sportivitas.

1.2 Perubahan Aturan

Official Garena berhak untuk menghapus, atau mengubah aturan yang diuraikan dalam rulebook ini dengan alasan apapun. Garena juga berhak untuk memberikan penilaian dalam kasus-kasus yang tidak didukung secara khusus, atau lebih rinci di dalam rulebook ini, untuk menjaga permainan yang adil dan sportif. Setiap perubahan dalam rulebook ini akan dicantumkan dan dikomunikasikan kepada seluruh lapisan yang terlibat dalam FFIM 2021 Fall baik secara langsung ataupun melalui media resmi Official Garena.

1.3 Validasi Aturan

Jika ada ketentuan dalam rulebook yang tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan secara sebagian atau menyeluruh, tidak akan mempengaruhi tingkat validitas yang tersisa dalam rulebook ini. Sebagai pengganti ketentuan yang tidak valid tersebut, ketentuan yang paling mendekati akan menjadi keputusan yang berlaku sesuai dengan ketentuan makna dan tujuan dari rulebook ini.

1.4 Kerahasiaan

Isi penyampaian pendapat, hasil diskusi dan korespondensi lainnya bersifat sangat rahasia. Publikasi hanya boleh dilakukan atas persetujuan dari Official Garena. Jika terdapat pelanggaran dalam hal ini, Official Garena berhak memberikan sanksi berupa peringatan, sampai denda kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

1.5 Publikasi Pertandingan

Hak

Semua hak siar FFIM 2021 Fall dimiliki sepenuhnya oleh Garena. Termasuk dan tidak terbatas pada; streaming video, siaran TV, stream shoutcast, demo atau live score bots.

Kewajiban

Media utama yang digunakan untuk berkomunikasi pada turnamen FFIM 2021 Fall adalah Whatsapp dan/atau E-mail. Official Garena akan menggunakan media komunikasi tersebut untuk seluruh tim dan seluruh jajaran yang terlibat. Maka dari itu, Whatsapp dan/atau E-mail harus diperiksa secara berkala sehingga tidak ada pengumuman penting yang terlewatkan. 

2.1 Umum

  • FFIM 2021 Fall diselenggarakan secara Offline/Online di mana hanya pemain terdaftar yang dapat berpartisipasi.
  • Semua tim diharuskan membaca peraturan dan regulasi turnamen. Partisipasi dalam turnamen menandakan bahwa tim setuju untuk mematuhi semua peraturan dan ketentuan.
  • Setiap tim yang melanggar peraturan akan dikenakan sanksi dan/atau didiskualifikasi dari turnamen.
  • Dengan mengikuti turnamen apa pun yang diselenggarakan oleh Garena, semua tim dan peserta akan mengizinkan Garena menggunakan gambar mereka (logo tim, foto peserta, video wawancara, dll.) dalam materi promosi.
  • Facebook, Instagram, dan YouTube FF Esports ID akan menjadi sosial media dan saluran siaran resmi untuk pembaruan informasi turnamen.

2.2 Peraturan Pertandingan dan Penentuan Tim

2.2.1. Open Qualifiers (Arena Mode)

2.2.1.1. Registration (14-19 September 2021)

  • Pendaftaran gratis dan tidak ada batasan slot pendaftaran
  • Minimal level 40 dengan rank pendaftaran untuk seluruh anggota adalah Diamond 1 dengan rank point 2538
  • Peserta harus menggunakan akun pribadi
  • Satu tim terdiri dari minimal 5 anggota tim dan maksimal 6 anggota tim.
  • Pendaftaran dapat dilakukan melalui ikon Arena Mode yang terdapat pada lobby in-game dengan tanggal yang sudah ditentukan. Arena Mode ini juga dikenal dengan nama lain, yakni Arena.
  • Fase pendaftaran berlangsung mulai tanggal 14 September 2021 pukul 09.00 WIB sampai 19 September 2021 pukul 18.00 WIB
  • Tutorial proses pendaftaran dengan fitur Arena Mode dapat diakses di Official Page Facebook, kanal YouTube, dan Instagram FF Esports ID

2.2.1.2. Match Day (19 September 2021)

  • Setiap tim yang berhasil mendaftar akan mendapatkan 8 tiket yang berkesempatan bertanding 8 kali pada tahap Kualifikasi dimulai dari jam 13:00 – 18:00 WIB pada hari dan tanggal pertandingan yang sudah ditentukan, yakni hari Minggu, 19 September 2021.
  • Anggota tim yang sudah didaftarkan hanya dapat diubah/diganti sebelum memasuki pertandingan (matchmaking) Arena mode.
  • Setelah berhasil membuat tim atau bergabung ke dalam 1 tim, pemain tidak bisa meninggalkan tim tersebut dalam waktu 6 jam kedepan.
  • Anggota tim tidak dapat meninggalkan atau membubarkan tim ketika sudah memulai pertandingan di Arena mode.
  • Akan diambil Top 78 dalam fase Open Qualifier ini, keputusan pemilihan Top 78 adalah berdasarkan data peserta dengan yang tercantum sesuai dengan kriteria dan peraturan yang sah berdasarkan regulasi FFIM 2021 Fall, serta memenuhi syarat poin tertinggi.

2.2.1.3. Post Match (20-22 September)

  • Hasil pertandingan akan melalui proses pemeriksaan dan kewenangan penuh/mutlak dari Tim Garena Free Fire Indonesia, serta tidak dapat diganggu gugat.
  • Jika terdapat tim yang melakukan kecurangan dan berada pada 78 tim teratas, maka tim tersebut akan dinyatakan tidak valid/sah dan secara langsung digantikan oleh tim dengan posisi selanjutnya yang sesuai dengan kriteria dan peraturan kualifikasi FFIM 2021 Fall.
  • Tim Garena Free Fire akan menghubungi ke-78 tim yang lolos dari tahap Kualifikasi melalui pesan In-game untuk proses tahap selanjutnya.
  • 78 tim yang maju ke tahap Quarter Finals akan dibagi menjadi 7 pot dari tahap Kualifikasi yang diselenggarakan

2.2.2. Quarter Finals (24 September 2021)

Fase ini akan diikuti total 84 tim yang bertanding terdiri dari 78 tim yang lolos dari fase Qualifiers Arena Mode, kemudian 6 tim dari peringkat 5-6 masing-masing grup di fase Regular Season FFML Divisi 2. Pada fase ini, 84 tim akan dibagi kedalam 7 grup, dimana Top 3 dari masing-masing grup akan melaju ke babak selanjutnya. Pembagian grup akan ditentukan oleh Official Garena dan sebelum fase ini berlangsung akan dilaksanakan Technical Meeting pada 23 September 2021. 

Penjelasan TM akan berlangsung di Discord resmi FF Esports ID (link akan dikirimkan ke in-game mail). Seluruh tim yang lolos ke babak Quarter Finals wajib mengikuti proses TM. Seluruh peserta yang mengikuti TM dianggap sudah mengerti dan setuju mengikuti seluruh peraturan dan regulasi pertandingan Quarter Finals FFIM 2021 Fall.

2.2.3. Group Finals (3-5 Oktober 2021)

Fase Grup Finals akan dibagi menjadi 3 Grup A, B dan C. Pada fase ini akan diikuti Total 36 tim yang bertanding terdiri dari 21 tim yang lolos dari Fase Quarter Finals, kemudian 6 tim dari peringkat 7-12 Play-off FFML Season IV Divisi 1, dan 9 tim dari peringkat 2-4 masing-masing grup di fase regular season FFML Season IV Divisi 2. Penentuan penempatan tim pada Grup A-C akan dilakukan secara acak oleh Official Garena.

Top 1 atau Group Champion dari masing-masing grup akan melaju ke fase Play-Ins FFIM 2021 Fall. 

2.2.4. Play-Ins (16 Oktober 2021)

Fase Play-Ins FFIM 2021 Fall akan diisi oleh Top 6 Play-off FFML Season IV Divisi 1, Top 3 FFML Season IV Divisi 2, dan Grup Champion fase Grup Finals A-C.

Top 6 pada fase ini akan melaju ke Grand Finals FFIM 2021 Fall. 

2.2.5. Grand Finals (24 Oktober 2021)

Fase Grand Finals FFIM 2021 Fall akan diisi oleh Top 6 FFML Season IV Divisi 1 dan Top 6 fase Play-Ins FFIM 2021 Fall.

2.3 Peraturan Pertandingan

  • Item pendukung dalam game seperti Loadout item, skin character dan slot character skill diperbolehkan untuk digunakan
  • Fitur “Gun Property” atau status senjata bersifat non-aktif selama pertandingan berlangsung, yang artinya status Guns Skin Senjata tidak akan berfungsi di sepanjang turnamen FFIM 2021 Fall. 
  • Dilarang menggunakan Emulator (Bluestacks, Nox, Memu, dsb.) selama pertandingan berlangsung
  • Dilarang menggunakan program ilegal dalam bentuk apapun termasuk program atau sejenisnya yang memodifikasi aplikasi Garena Free Fire
  • Dilarang menggunakan perangkat tambahan atau pendukung, seperti gamepad atau tombol tambahan seperti Controller R1 – L1 dan lainnya selama pertandingan berlangsung
  • Perilaku flaming/curang/toxic tidak dapat ditoleransi. Peringatan akan disampaikan oleh panitia. Jika hal tersebut diulang kembali, panitia berhak memutuskan sanksi yang dikenakan kepada pihak yang terlibat..
  • Dilarang melakukan aliansi (teaming), panitia berhak memutuskan sanksi yang dikenakan.
  • Apabila ada peserta yang mengalami kendala koneksi, error, dll, maka pertandingan akan tetap dilanjutkan

3.1 Umum

Semua keputusan mengenai penafsiran aturan berikut secara eksklusif diatur oleh Garena, keputusan bersifat mutlak. Semua peserta turnamen FFIM 2021 Fall diwajibkan untuk mematuhi kode etik berikut. Jika peserta turnamen gagal untuk mematuhi kode etik dapat mengakibatkan peringatan, denda, diskualifikasi, atau penangguhan dari Turnamen Free Fire di masa depan, seluruh keputusan diatur oleh Garena dan / atau pejabatnya.

3.2 Kewajiban Pemain

Pemain harus mematuhi aturan berikut dengan kelayakan yang sudah ditentukan oleh Official Garena agar memenuhi syarat dalam pertandingan atau turnamen yang diselenggarakan oleh terkait:

3.2.1. Kewarganegaraan

Seluruh peserta FFIM 2021 Fall wajib memiliki kewarganegaraan Indonesia dan berdomisili di Indonesia.

3.2.2. Akun Pemain

Seluruh peserta FFIM 2021 Fall harus menggunakan satu akun pribadi resmi dari fase Open Qualifier sampai Grup Finals. Sedangkan pada fase Play-Ins sampai Grand Finals seluruh peserta FFIM 2021 Fall menggunakan akun turnamen yang sudah disediakan oleh pihak Garena.

3.2.3. Nickname Pemain

Nama pemain dalam in-game harus mendapatkan persetujuan dari pihak Garena, termasuk perubahan nickname setelah melakukan pendaftaran. Penggunaan nama sponsor dalam bentuk nickname perlu dilengkapi dengan catatan tambahan bahwa kedua belah pihak sudah resmi bekerja sama.

Semua peserta bertanggung jawab untuk mengatur dan menampilkan nama pemain & tim yang benar di dalam in-game. Seluruh pemain (termasuk cadangan) yang sudah ditetapkan harus mengikuti peraturan tersebut tanpa terkecuali. Kegagalan dalam mematuhi aturan ini akan mendapatkan sanksi ringan.

3.2.4. Sportivitas dan Perilaku yang Tepat

Peserta harus berperilaku baik dengan perwakilan Garena, pers, pemirsa, mitra, dan pemain lainnya. Peserta tidak boleh menggunakan bahasa yang cabul, buruk, vulgar, menghina, mengancam, kasar, memfitnah, memfitnah, atau menyinggung atau tidak menyenangkan, di dalam atau di dekat arena pertandingan. Ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada, obrolan dalam game, media sosial, dan acara yang di hadapan publik seperti wawancara.

Peserta diharapkan bersikap kooperatif dengan Garena atau penyelenggara turnamen dalam penyelidikan atas pelanggaran aturan ini. Perilaku tidak terpuji kepada pejabat Garena, peserta lain, atau anggota (penonton lain) tidak akan ditoleransi.

3.2.5. Diskriminasi dan Pencemaran Nama Baik

Peserta FFIM 2021 Fall dan pihak yang terlibat tidak boleh menyinggung martabat atau integritas suatu negara, orang pribadi, atau sekelompok orang melalui tindakan yang merendahkan atau diskriminatif terhadap ras, etnis, asal kebangsaan, status sosial, jenis kelamin, bahasa, agama, pendapat politik, status keuangan, status kelahiran, orientasi seksual, atau alasan lainnya. Pelanggar etik ini dapat segera didiskualifikasi, memiliki setengah dari hadiah kemenangan mereka atau hangus, atau kedua hal di atas.

3.3 Kewajiban Tim

Setiap tim wajib mengikuti seluruh aturan yang sudah dikeluarkan oleh Garena dan hadir ke arena bermain seperti yang sudah ditentukan dan disampaikan oleh Garena.

3.3.1. Roster Lock

Setiap tim harus menentukan roster yang akan digunakan selama turnamen FFIM 2021 Fall berlangsung. Setiap tim harus mengisi form Susunan Pemain yang berisikan minimal 5 pemain dan maksimal 6 pemain. Seluruh nama yang didaftarkan akan dikunci dan pemain substitusi tidak boleh terdaftar di tim lain.

Setiap perubahan akun dalam tim, harus disetujui oleh Official Garena sebelum perubahan itu terjadi.

3.3.2. Nama dan Logo Tim

Semua tim yang bertanding di dalam turnamen yang diselenggarakan oleh Garena harus memiliki logo dan nama tim masing-masing. Garena berhak menolak nama tim & logo yang melanggar kode etik, diantaranya:

  • Menggunakan nama dan logo yang vulgar (pornografi dan produk dewasa lainnya), menyinggung diskriminasi, dan mengandung SARA.
  • Menggunakan nama tim dan logo yang melanggar hak cipta.

3.3.3. Sponsor dan Kemitraan

Garena berhak untuk melarang atau menghapus tim dengan sponsor atau mitra yang semata-mata atau dikenal luas untuk pornografi, penggunaan narkoba atau tema dan produk dewasa lainnya dari turnamen Garena kapan saja.

3.3.4. Publikasi dan Wawancara

Dengan mengikuti turnamen FFIM 2021 Fall, semua tim dan peserta akan mengizinkan Garena untuk menggunakan aset mereka (logo, foto peserta, video wawancara, dll) dalam materi promosi. Seluruh tim wajib untuk mempromosikan turnamen FFIM 2021 Fall milik Garena di masing-masing sosial media milik tim yang bertanding. 

Dengan mengikuti turnamen FFIM 2021 Fall, pemain dari tim manapun harus bersedia untuk mengikuti wawancara pada Media Day jika diperlukan. Selain itu, pemain juga diwajibkan untuk bersedia diwawancarai oleh Official Garena sepanjang musim.

3.4 Kepemilikan Tim / Organisasi

Tim hanya dapat dimiliki oleh suatu entitas atau perusahaan yang sudah terbukti legalitasnya dan sudah diakui oleh badan hukum di Indonesia. Perusahaan atau entitas tim sudah terdaftar sebelum periode Free Fire Master League Season IV berjalan. 

Dua tim atau lebih di dalam satu organisasi yang sama dapat berpartisipasi di Free Fire Indonesia Masters 2021 Fall. Namun, dua tim atau lebih tersebut lolos dengan dan mendapatkan slot ke Internasional di fase Grand Finals, tim dengan peringkat di bawahnya tidak dapat lanjut ke level kompetitif (Internasional) berikutnya dan slot akan diberikan ke tim dibawahnya.

3.5 Penyelesaian Pertandingan Sepenuhnya

Setelah memulai partisipasi dalam kompetisi, seluruh tim akan terus berpartisipasi sampai pertandingan selesai. Seluruh tim tidak akan menolak untuk berpartisipasi dalam turnamen dengan alasan apapun termasuk ketidaksepakatan dengan keputusan oleh pejabat Garena, tuduhan integritas kompetitif turnamen, atau kondisi bermain yang tidak sempurna.

Pelanggar mungkin harus kehilangan seluruh uang kemenangan mereka dari acara Free Fire Esports, dilarang ikut serta dari acara Esports di masa depan, atau kedua hal di atas jika adanya pelanggaran dalam poin ini.

3.6 Integritas Kompetitif

Semua peserta diharapkan untuk bermain dengan sebaik mungkin setiap saat dalam setiap pertandingan Free Fire di turnamen apa pun yang dilakukan oleh Garena. Pelanggar yang melanggar aturan ini akan dikenakan sanksi atas kebijakan pejabat Garena. Beberapa contoh berikut adalah daftar pelanggaran yang menyeluruh:

  • Kolusi – Peserta yang bekerja sama dengan orang lain, termasuk peserta lain yang bersaing untuk menipu dan mendapatkan keuntungan yang tidak adil akan dinyatakan sebagai tindakan bersalah atas kolusi. Tindakan kolusi meliputi, tetapi tidak terbatas pada:
      • Soft play – Setiap perjanjian di antara peserta untuk tidak bermain pada standar kompetisi yang wajar atau diharapkan dalam permainan
      • Pengaturan sebelumnya untuk membagi uang hadiah dan bentuk kompensasi lainnya
      • Menerima informasi dan sinyal dari sumber luar selama pertandingan
      • Sengaja kehilangan kecocokan untuk kompensasi
  • Peretasan – Setiap modifikasi klien game Garena Free Fire, termasuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memberikan keuntungan dalam game
  • Eksploitasi – Penyalahgunaan bug dalam game yang disengaja untuk mendapatkan keuntungan
  • Smurfing – Menggunakan akun pemutar atau peserta lain
  • Multi Akun – Peserta terdaftar menggunakan akun multi Free Fire

 

Penipuan – Setiap upaya untuk menipu penyelenggara turnamen atau pemain lain dengan pernyataan / informasi / dokumen palsu

4.1 Umum

Hanya pemain yang terdaftar pada FFIM 2021 Fall yang dapat mengikuti pertandingan. Semua pemain dan tim harus membaca dan mengikuti regulasi turnamen dan siap menjunjung tinggi semangat sportifitas dan fairplay. Penggunaan program ilegal dalam bentuk apapun akan dikenakan hukuman dengan bentuk yang ditentukan oleh Official Garena.

Turnamen FFIM 2021 Fall memiliki 5 fase yaitu: Open Qualifiers, Quarter Finals, Grup Finals, Play-Ins, dan Grand Finals dengan pengaturan format lobby turnamen 

Open Qualifiers (Arena Mode)

  • Server: Online Server Indonesia
  • Mode: Battle Royal, Squad
  • Gun Properties: Non-Aktif
  • Map: Random 

Quarter-Finals

  • Server: Online Server Indonesia
  • Mode: Battle Royal, Squad
  • Gun Properties: Non-Aktif
  • Map : Bermuda-Kalahari-Bermuda-Kalahari  

Grup Finals

  • Server: Online Server Indonesia
  • Mode: Battle Royal, Squad
  • Gun Properties: Non-Aktif
  • Map :  Bermuda-Kalahari-Purgatory-Bermuda-Kalahari-Purgatory 

Play-Ins dan Grand Finals

  • Server: Offline Server Indonesia
  • Mode: Battle Royal, Squad
  • Gun Properties: Non-Aktif

Map : Bermuda-Kalahari-Purgatory-Bermuda-Kalahari-Purgatory

4.2 Struktur Pertandingan

Open Qualifier 

Merupakan fase yang terbuka untuk umum. Pertandingan akan dilakukan dengan menggunakan Arena Mode di waktu yang sudah ditentukan. Dalam fase ini akan diambil Top 78 tim untuk melaju ke babak selanjutnya.

 

Quarter-Finals

Fase ini akan diikuti total 84 tim yang bertanding terdiri dari 78 tim yang lolos dari fase Qualifiers Arena Mode, kemudian 6 tim dari peringkat 5-6 masing-masing grup di fase Regular Season FFML Divisi 2. Pada fase ini, 84 tim akan dibagi kedalam 7 grup, dimana Top 3 dari masing-masing grup akan melaju ke babak selanjutnya.

 

Grup Finals

Fase selanjutnya adalah Grup Finals, Pada fase ini terdiri dari 3 grup, yaitu Grup A, B dan C. Total 36 tim yang bertanding terdiri dari 21 tim yang lolos dari Fase Quarter Finals, kemudian peringkat 7-12 Play-off FFML Season IV Divisi 1, dan 9 tim dari peringkat 2-4 fase regular season FFML Season IV Divisi 2.

Top 1 atau Group Champion dari masing-masing grup akan melaju ke fase Play-Ins FFIM 2021 Fall.

 

Play-Ins

Tim yang akan bertanding di fase ini adalah Top 6 Play-off FFML Season IV Divisi 1, Top 3 FFML Season IV Divisi 2, dan 3 tim pemenang dari masing-masing grup fase Grup Finals A-C.

Top 6 pada fase ini akan melaju ke Grand Finals FFIM 2021 Fall. 

 

Grand Finals

Fase terakhir adalah Grand Finals, dimana Fase Grand Finals FFIM 2021 Fall akan diisi oleh Top 6 FFML Season III Divisi 1 dan Top 6 fase Play-Ins FFIM 2021 Fall

4.3 Scoring & Placement

Kill Point 1

 

Placement Point
1st 12
2nd 9
3rd 8
4th 7
5th 6
6th 5
7th 4
8th 3
9th 2
10th 1
11th 0
12th 0

4.4 Jadwal Pertandingan

4.4.1. Arena Mode

Day Date Match Time (GMT+7) Note Participant Seed
Tuesday – Sunday 14 – 19 Sep 2021 Arena Mode (8 Tix) Tuesday 09:00 – Sunday 18:00 WIB Registration Non-capped Top 78
Sunday 19 Sep 2021 13:00 – 18:00 WIB Match Day

 

 

4.4.2. Quarter-Finals

 

Day Date Match Time (GMT+7) Note Participant Seed
Wednesday 23 Sep 2021 19:00 – 21:00 WIB Technical Meeting Top 78 Top 21
Friday 24 Sep 2021 Best-of-4 13:00 – 18:00 WIB Match Day

Grup A-G)

 

 

4.4.3. Group Finals

 

Match Day Date Match Time (GMT+7) Note Participant Seed
Sunday 3 Okt 2021 Best-of-6 18.30 – 22.00 WIB Grup A 12 Teams A Top 1 per Group
Monday 4 Okt 2021 18.30 – 22.00 WIB Grup B 12 Teams B
Tuesday 5 Okt 2021 18.30 – 22.00 WIB Grup C 12 Teams C

 

 

4.4.4. Play-Ins

 

Match Day Date Match Time (GMT+7) Note Participant Seed
Saturday 16 Okt 2021 Best-of-6 TBC Finals 12: Top 6 Play-off FFML Season IV Divisi 1

Top 3 FFML Season IV Divisi 2

Top 3 Grup Finals FFIM 2021 Fall

Top 6

 

 

4.4.5. Grand Finals

 

Match Day Date Match Time (GMT+7) Note Participant Seed
Sunday 24 Okt 2021 Best-of-6 TBC Finals 12: Top 6 FFML Season IV Divisi 1

Top 6 Play-Ins FFIM 2021 Fall

Top 6

4.5 Etika Pertandingan

Pertandingan harus dimulai tepat waktu. Official Garena berhak untuk meninggalkan tim yang bertanggung jawab atau sengaja menunda pertandingan lebih dari 5 menit batas toleransi. Obrolan dalam game [All] diutamakan untuk komunikasi antara tim dan official dan hanya boleh digunakan untuk diskusi yang berhubungan dengan game yang disiapkan. Segala bentuk pelecehan (toxic) melalui game harus dikurangi dan sangat dibatasi.

4.6 Ketepatan Waktu dan Keterlambatan

Seluruh tim harus siap 2 jam sebelum waktu pertandingan dimulai dan harus berada pada server dan lobby permainan selambat-lambatnya 10 menit sebelum pertandingan dimulai. Jika tim tidak memiliki 4 pemain di dalam lobby melebihi 5 menit dari waktu yang dijadwalkan, maka tim tersebut akan dianggap tidak mengikuti pertandingan di ronde tersebut dan akan menerima kekalahan default. Tidak ada permintaan perubahan waktu. Jika terdapat tim/pemain yang tidak bisa memenuhi, akan dikenakan penalti.

4.7 Perangkat Tambahan

Official Garena tidak berkewajiban untuk menunda pertandingan untuk mengakomodasi pemain/tim yang terlambat. Penundaan pertandingan harus sudah di konfirmasi oleh Official Garena. Penundaan dapat terjadi jika ada kejadian luar biasa seperti cuaca ekstrim, masalah server / bug dalam game, dll.

4.8 Protes dan Pengulangan Pertandingan

Selama turnamen berlangsung, pemain harus menggunakan perangkat yang disediakan oleh Official Garena. Dilarang bermain dengan segala perangkat tambahan (emulator), termasuk penggunaan tombol/fitur tambahan baik berupa gamepad ataupun controller L1 dan L2.

4.9. Protes Pertandingan

Protes pertandingan dapat diajukan maksimal 48 jam setelah pertandingan berakhir. Isi protes harus terperinci tentang mengapa protes diajukan, bagaimana hal tersebut bisa terjadi, dan kapan hal itu terjadi. Bentuk protes dapat ditolak jika terdapat isi dokumentasi yang kurang disajikan. Kata sederhana seperti ‘mereka curang’ tidak akan cukup sebagai bentuk bukti protes.

4.10. Pengulangan Pertandingan

Segala bentuk gangguan seperti lagging, crash device, dan lain-lain adalah tanggung jawab masing-masing pemain. Apabila ditemukan gangguan yang disebutkan, pengulangan pertandingan hanya akan dilakukan apabila gangguan tersebut terjadi kepada seluruh tim sebelum tim mendarat. Apabila seluruh tim telah mendarat, maka pertandingan akan tetap dilanjutkan. Batas maksimal dalam melakukan rematch adalah 2x. Apabila sudah melebihi 2x dan pertandingan tersebut masih mengalami kendala, maka pertandingan tersebut akan tetap dilanjutkan.

5.1 Umum

Ketika pemain/tim telah melanggar satu atau beberapa aturan yang telah ditetapkan oleh Official Garena, akan dirujuk ke bagian ini untuk penetapan sanksi yang sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.

5.2 Pelanggaran Etiket

Demi menciptakan turnamen yang menyenangkan dan teratur, sangat penting untuk semua pemain memiliki sikap yang sportif dan adil. Pelanggaran yang paling penting dan paling umum, tercantum di dalam bagian ini. Official Garena juga berhak memberikan jenis sanksi yang kemungkinan tidak terdaftar secara eksplisit. (Contoh: Pelecehan)

5.2.1. Pencemaran Nama Baik/Penghinaan

Pencemaran nama baik terkait dengan FFIM 2021 Fall dan Garena akan ditindak lanjuti. Sanksi ini berlaku selama pertandingan FFIM 2021 Fall dan pertandingan yang diadakan oleh Garena. Penghinaan terhadap Free Fire, Turnamen Garena, Media Sosial, Email, dan/atau sarana komunikasi lainnya akan dikenakan sanksi jika terbukti melakukan penghinaan / pencemaran nama baik. Pada kasus pelecehan berat dengan pernyataan yang radikal, ancaman, dan kekerasan fisik dapat menghasilkan sanksi yang lebih berat.

5.2.2. Spamming Discord/WA

Fungsi media komunikasi yang diberikan oleh Official Garena adalah media untuk berkomunikasi yang efisien dengan lawan ataupun Official selama turnamen berlangsung. Tim/Pemain yang melakukan spam di dalam media tersebut akan dikenakan sanksi.

5.2.3. Perilaku Tidak Sportif

Pelanggaran dalam poin ini dapat terjadi jika terdapat upaya dari pemain/tim untuk menyesatkan admin atau pemain lain menggunakan informasi palsu, atau dengan menipu pemain/tim lain. Jika terdapat pelanggaran ini, pemain/tim tersebut akan mendapatkan sanksi luar biasa.

5.3 Pelanggaran Pertandingan

5.3.1. Meninggalkan Pertandingan

Sangat penting bahwa semua pemain harus bersikap sportif dan adil. Jika pemain/tim terdapat meninggalkan pertandingan, maka akan dirujuk untuk hukuman yang sesuai, dimana semua hukuman umum dicantumkan di bawah ini:

  • Sanksi ringan :   Pengurangan 24 Penalti Poin Pertandingan
  • Sanksi sedang :   Pengurangan 48 Penalti Poin Pertandingan
  • Sanksi berat :   Pengurangan 72 Penalti Poin Pertandingan
  • Sanksi luar biasa : Didiskualifikasi dari keikutsertaan turnamen FFIM 2021 Fall, serta blacklist dari keikutsertaan turnamen Garena Free Fire.

 

5.3.2. Penyalahgunaan Bug

Jika seorang pemain menemukan bug, remake hanya akan ditawarkan kepada pemain juga semua kondisi berikut terpenuhi:

  • Jika bug tersebut merusak game dan menyebabkan seorang pemain (atau banyak pemain) tidak dapat memainkan game tersebut dengan cara yang normal, seperti:
    • Dijepit di lantai dan dieksekusi (killed)
    • Terjebak di objek (jendela, peluncur, dll)
    • Terbunuh oleh kerusakan akibat jatuh dari kejadian tak terduga saat mengendarai kendaraan
  • Seorang wasit segera diberitahu tentang bug tersebut ketika itu terjadi
  • Bug terjadi ketika tidak ada pemain lain yang terbunuh di dalam pertandingan
  • Bug tidak dipicu dengan niat jahat atau tidak disengaja oleh pemain.

Tim yang sengaja menyalahgunakan bug yang disebutkan akan segera didiskualifikasi, dan akan kehilangan hingga setengah dari uang kemenangan mereka (hangus), atau kedua hal di atas.

Keputusan remake hanya ditawarkan atas kejadian dan kewenangan mutlak dari Official Garena. Tim yang dengan sengaja menyalahgunakan bug dapat dikenakan sanksi dengan tingkatan sesuai dengan keputusan dari wasit per kejadian.

 

5.3.3. Publikasi Pelanggaran

Dengan menyetujui dan bertanding di dalam turnamen, Official Garena berhak mempublikasikan informasi/pelanggaran apapun di dalam pedoman ini yang dilanggar oleh tim/pemain yang berpartisipasi selama turnamen atau kompetisi.

5.4 Lain-lain

Sanksi atau pelanggaran yang lain diatur dalam bagian ini mencangkup antara lain:

  • Pemalsuan Media Pertandingan

Memalsukan hasil/media pertandingan dapat menghasilkan sanksi sedang.

  • Ringer/Faker 

Setiap pemain yang terlibat dalam pemalsuan atau ringing akan memperoleh sanksi ringan.

  • Bermain dengan Pemain yang Dilarang

Tim yang berusaha memainkan pemain yang sedang menjalani masa larangan atau pemain yang melanggar rulebook akan mendapatkan sanksi luar biasa.

  • Perjudian / Taruhan

Tidak ada pemain, manajer tim, atau staf manajemen yang terlibat taruhan atau perjudian. Baik dalam bergaul dengan atasan atau penjudi, memberikan informasi apapun kepada siapapun yang dapat membantu proses perjudian baik secara langsung maupun tidak langsung. Perjudian merupakan tindakan yang dapat mencoreng organisasi dan sportifitas, siapapun yang melanggar ketentuan ini akan mendapatkan sanksi luar biasa.

  • Kecurangan 

Segala bentuk kecurangan seperti: pemanfaatan/penggunaan bug, penggunaan program ilegal (cheating/hack), teaming/kerjasama, penggunaan emulator, penggunaan tombol fitur/control tambahan (gamepad) merupakan bentuk kecurangan yang dilarang keras terjadi pada turnamen FFIM 2020 Fall. Jika terdapat bentuk kecurangan yang disebutkan akan memberikan sanksi berat hingga sangat berat kepada pelanggarnya.

6.1 Prosedur dan Distribusi Hadiah

Distribusi hadiah FFIM 2021 Fall akan dibayarkan selambat-lambatnya 45 hari setelah dokumen administrasi para pemenang diterima dan dinyatakan lengkap oleh Garena. Jika tim atau pemain kehilangan informasi pembayaran dan tidak berusaha untuk menghubungi Official Garena, uang hadiah tidak akan dibayarkan sampai informasi tersebut diperbaiki. Adapun rincian hadiah yang akan diterima pada adalah sebagai berikut:

Free Fire Indonesia Masters 2021 Fall
Champion Rp350,000,000.00
1st Runner-up Rp175,000,000.00
2nd Runner-up Rp80,000,000.00
4th Place Rp60,000,000.00
5th Place Rp30,000,000.00
6th Place Rp20,000,000.00
7th Place Rp15,000,000.00
8th Place Rp15,000,000.00
9th Place Rp10,000,000.00
10th Place Rp10,000,000.00
11th Place Rp5,000,000.00
12th Place Rp5,000,000.00
Booyah Match 1 Rp2,500,000.00
Booyah Match 2 Rp2,500,000.00
Booyah Match 3 Rp2,500,000.00
Booyah Match 4 Rp2,500,000.00
Booyah Match 5 Rp2,500,000.00
Booyah Match 6 Rp2,500,000.00
Predator Player Rp10,000,000.00

 

Untuk memenuhi pembayaran hadiah, tim harus menyelesaikan 100% pertandingan sampai akhir musim. Uang hadiah akan di transfer melalui rekening Bank. Kegagalan dalam memberikan informasi yang cukup untuk menyelesaikan pembayaran akan mengakibatkan pembayaran tidak dilakukan. 

6.2 Sanksi dan Penarikan Uang Hadiah

Jika hadiah uang turnamen atau stipends belum dibayarkan, Official Garena berhak untuk membatalkan pembayaran yang tertunda jika ditemukan pelanggaran antara lain:

  • Tim/pemain melakukan pelanggaran terhadap ketentuan transfer pemain (termasuk tapi tidak terbatas pada hal administrasi berupa surat pernyataan inisiasi transfer, surat pernyataan hasil transfer, dan surat pernyataan perubahan roster).
  • Tim/pemain melebihi batas maksimal waktu/tidak menyerahkan surat hasil pernyataan hasil transfer
  • Tim/pemain melakukan pelanggaran terhadap kode etik pertandingan
  • Tim/pemain melakukan pelanggaran lain sepanjang keikutsertaannya yang kemudian akan ditentukan dan diputuskan secara mutlak oleh Garena

Seluruh keputusan yang dikeluarkan oleh Official Garena bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Official Garena BERHAK MENGUBAH DAN MEREVISI peraturan kapanpun tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, demi kenyamanan dan kelancaran turnamen.

Toggle title

Toggle content goes here, click edit button to change this text.

Semua konten yang terkandung dalam dokumen ini adalah milik Garena. Distribusi, duplikasi, pengubahan, atau penggunaan tidak sah lainnya atas materi dalam dokumen ini, juga termasuk pada semua merek dagang gambar, bentuk, teks, persamaan atau foto, dapat dianggap sebagai pelanggaran hak cipta dan undang-undang merek dagang dan dapat dituntut secara pidana dan/atau hukum perdata.

Tidak ada bagian dari isi dokumen ini yang dapat diproduksi dalam bentuk apapun atau dengan cara apapun atau disimpan dalam database atau sistem pengambilan, kecuali untuk penggunaan pribadi, tanpa izin tertulis dari Garena.

Semua konten dalam dokumen ini akurat menurut pengetahuan kami. Garena tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian.