Berita Terbaru
  1. 3 Booyah, AURA Ignite Memanas di Final Day 1 FFML Season V Divisi 1!
  2. Timnas Free Fire Indonesia Sabet Medali Emas dan Perak di Free Fire SEA Games 2021 Vietnam!
  3. Play-Ins Tuntas, Ini 4 Tim Terakhir yang Akan Bermain di Grand Final FFWS 2022 Sentosa!
  4. Final Day 1 Free Fire SEA Games 2021, Dua Tim Indonesia Tunjukkan Dominasi!
  5. Todak, Tim Asal Malaysia yang Bakal Jadi Musuh Tak Terduga di Play-Ins FFWS 2022 Sentosa?
  6. Fuego, Rival Berat ECHO Esports di Early Game FFWS 2022 Sentosa?

FFML Season V Divisi 2

Mengawali turnamen kompetitif Free Fire di 2022, Garena Free Fire Indonesia mengadakan ajang kenamaan Free Fire Master League kali ini untuk Season kelima (FFML Season V) Menghadirkan format berbeda dari FFML Season IV lalu, pergelaran FFML Season V Divisi 2 kali ini tentunya akan semakin kompetitif.

Dilaksanakan mulai 14 Januari hingga 6 Februari 2022 kompetisi Free Fire bertaraf Nasional ini akan diikuti oleh ke-18 tim semi-pro Free Fire yang nantinya akan memperebutkan gelar juara dan tiket emas menuju Grand Finals Free Fire Indonesia Masters 2022 Spring.

Jangan lewatkan pertandingan-pertandingan seru sepanjang siaran langsung FFML Season V. Tunjukkan dukungan terhadap tim favoritmu dengan menonton pertandingannya di kanal YouTube FF Esports ID dan Facebook FF Esports ID. Informasi lebih lanjut terkait FFML Season V bisa kamu akses di instagram resmi FF Esports ID.

#FreeFire
#ReadytheMasters
#FFML
#GarenaEsports4ID

Jadwal Pertandingan FFML Season V Divisi 2

14 Januari
Jumat
18:30 WIB
Match Day 1 TONTON ULANG HASIL
15 Januari
Sabtu
18:30 WIB
Match Day 2 TONTON ULANG HASIL
16 Januari
Minggu
18:30 WIB
Match Day 3 TONTON ULANG HASIL
21 Januari
Jumat
18:30 WIB
Match Day 4 TONTON ULANG HASIL
22 Januari
Sabtu
18:30 WIB
Match Day 5 TONTON ULANG HASIL
23 Januari
Minggu
18:30 WIB
Match Day 6 TONTON ULANG HASIL
28 Januari
Jumat
18:30 WIB
Match Day 7 TONTON ULANG HASIL
29 Januari
Sabtu
18:30 WIB
Match Day 8 TONTON ULANG HASIL
30 Januari
Minggu
18:30 WIB
Match Day 9 TONTON ULANG HASIL
4 Februari
Jumat
18:30 WIB
Match Day 10 TONTON ULANG HASIL
5 Februari
Sabtu
18:30 WIB
Match Day 11 COMING SOON
5 Februari
Minggu
18:30 WIB
Match Day 12 COMING SOON

Peraturan Pertandingan

1.1. Umum

Rulebook ini merupakan panduan resmi yang dibuat oleh Official Garena untuk mengatur turnamen Free Fire Master League (FFML) Season V Divisi 2 dengan aturan-aturan, jalannya turnamen, dan larangan yang harus dipenuhi oleh tim dan pemain. Rulebook ini dibuat untuk memperkuat dan membentuk suasana permainan yang kompetitif dan menjunjung tinggi nilai sportivitas.

1.2. Perubahan Aturan

Official Garena berhak untuk menghapus, atau mengubah aturan yang diuraikan dalam rulebook ini dengan alasan apapun. Garena juga berhak untuk memberikan penilaian dalam kasus-kasus yang tidak didukung secara khusus, atau lebih rinci di dalam rulebook ini, untuk menjaga permainan yang adil dan sportif. Setiap perubahan dalam rulebook ini akan dicantumkan dan dikomunikasikan kepada seluruh lapisan yang terlibat dalam Free Fire Master League baik secara langsung maupun tidak langsung.

1.3. Validitas Aturan

Jika ada ketentuan dalam rulebook yang tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan secara sebagian atau menyeluruh, tidak akan mempengaruhi tingkat validitas yang tersisa dalam rulebook ini. Sebagai pengganti ketentuan yang tidak valid tersebut, ketentuan yang paling mendekati akan menjadi keputusan yang berlaku sesuai dengan ketentuan makna dan tujuan dari rulebook ini.

1.4. Kerahasiaan

Isi penyampaian pendapat, hasil diskusi dan korespondensi lainnya bersifat sangat rahasia. Publikasi hanya boleh dilakukan atas persetujuan dari Official Garena. Jika terdapat pelanggaran dalam hal ini, Official Garena berhak memberikan sanksi berupa peringatan, sampai denda kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

1.5. Publikasi Pertandingan

Hak

Semua hak siar Free Fire Master League (FFML) dimiliki oleh Garena. Termasuk dan tidak terbatas pada; streaming video, siaran TV, stream shoutcast, demo atau live score bots

Komunikasi

Media utama yang digunakan untuk berkomunikasi pada turnamen FFML adalah Whatsapp. Official Garena akan menggunakan media komunikasi tersebut untuk seluruh tim dan seluruh jajaran yang terlibat. Maka dari itu, Whatsapp harus diperiksa secara berkala sehingga tidak ada pengumuman penting yang terlewatkan.

2. Peraturan Umum

  • Free Fire Master League (FFML) Season V Divisi 2 diselenggarakan secara Online-Offline dimana pemain terdaftar yang dapat berpartisipasi.
  • Semua tim diharuskan membaca peraturan dan regulasi turnamen. Partisipasi dalam turnamen menandakan bahwa tim setuju untuk mematuhi semua peraturan dan ketentuan.
  • Setiap tim yang melanggar peraturan akan didiskualifikasi dari turnamen.
  • Seluruh match yang berlangsung akan di pantau oleh Official Garena.
  • Penggunaan program ilegal dalam bentuk apapun akan dikenakan hukuman ban permanen baik itu ID, Device dan hak keikutsertaan turnamen Free Fire ID (Blacklist)
  • Dengan mengikuti turnamen apa pun yang diselenggarakan oleh Garena, semua tim dan peserta akan mengizinkan Garena menggunakan gambar mereka (logo tim, foto peserta, video wawancara, dll.) Dalam materi promosi.
  • Facebook, Instagram, dan YouTube FF Esports ID akan menjadi sosial media dan saluran siaran resmi untuk pembaruan informasi turnamen.

3.1. Kewajiban Pemain

Pemain harus mematuhi aturan berikut dengan kelayakan yang sudah ditentukan oleh Official Garena agar memenuhi syarat dalam pertandingan atau turnamen yang diselenggarakan oleh terkait:

Kewarganegaraan

Seluruh peserta FFML harus berdomisili di Indonesia.

Akun Pemain

Seluruh peserta FFML harus menggunakan akun yang sudah di submit pada saat roster lock.

Nickname Pemain

Nama pemain dalam in-game harus mendapatkan persetujuan dari pihak Garena, termasuk perubahan nickname setelah melakukan pendaftaran. Penggunaan nama sponsor dalam bentuk nickname perlu dilengkapi dengan catatan tambahan bahwa kedua belah pihak sudah resmi bekerja sama.

Semua peserta bertanggung jawab untuk mengatur dan menampilkan nama pemain & tim yang benar di dalam in-game. Seluruh pemain (termasuk cadangan) yang sudah ditetapkan harus mengikuti peraturan tersebut tanpa terkecuali. Kegagalan dalam mematuhi aturan ini akan mendapatkan sanksi ringan. 

Sportivitas dan Perilaku yang Tepat

Peserta harus berperilaku baik dengan perwakilan Garena, pers, pemirsa, mitra, dan pemain lainnya. Peserta tidak boleh menggunakan bahasa yang cabul, buruk, vulgar, menghina, mengancam, kasar, memfitnah, memfitnah, atau menyinggung atau tidak menyenangkan, di dalam atau di dekat arena pertandingan. Ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada, obrolan dalam game, media sosial, dan acara yang di hadapan publik seperti wawancara.

Peserta diharapkan bersikap kooperatif dengan Garena atau penyelenggara turnamen dalam penyelidikan atas pelanggaran aturan ini. Perilaku tidak terpuji kepada pejabat Garena, peserta lain, atau anggota (penonton lain) tidak akan ditoleransi.

Diskriminasi dan Pencemaran Nama Baik

Peserta FFML tidak boleh menyinggung martabat atau integritas suatu negara, orang pribadi, atau sekelompok orang melalui tindakan yang merendahkan atau diskriminatif terhadap ras, etnis, asal kebangsaan, status sosial, jenis kelamin, bahasa, agama, pendapat politik, status keuangan, status kelahiran, orientasi seksual, atau alasan lainnya. Pelanggar etik ini dapat segera didiskualifikasi, memiliki setengah dari hadiah kemenangan mereka atau hangus, atau kedua hal di atas.

3.2. Kewajiban Tim

SETIAP TIM WAJIB STAND-BY DI TEMPAT YANG SUDAH DI SUBMIT PADA SAAT ROSTER LOCK. Tim harus mengikuti seluruh aturan yang sudah ditentukan dan dinyatakan resmi oleh Official Garena sebagai berikut:

Roster Lock

Setiap tim harus menentukan roster yang akan digunakan selama turnamen FFML berlangsung. Setiap tim harus menyerahkan lembar Pernyataan Susunan Pemain yang berisi 4 pemain dan 2 cadangan (substitusi). Seluruh nama yang didaftarkan akan dikunci dan pemain substitusi tidak boleh terdaftar di tim lain.

Setiap perubahan akun dalam tim, harus disetujui oleh Official Garena sebelum perubahan itu terjadi.

Reserve Player

Tim dianjurkan untuk memiliki reserve player dalam penyelenggaraan FFML SEASON V Divisi 2. Reserve player digunakan dalam keadaan force majeure  yang dimana keadaan ini meliputi:

  • Player yang sudah terdaftar di roster lock terinfeksi virus Covid-19

Pergantian Coach/Manager/Analyst

Tidak ada ketentuan yang mengikat pergantian manager/coach/analyst. Ketiga jabatan tersebut dapat digantikan kapan saja dengan melampirkan kontrak dan kartu identitas (KTP/SIM/Passport) terbaru. 

Transfer Pemain

Transfer Pemain meliputi: peminjaman pemain, pembelian pemain, penjualan pemain, perekrutan pemain baru. Tidak ada batasan dalam proses transfer IN maupun OUT pemain pada saat transfer window yang sudah ditentukan oleh pihak GARENA.

Setiap proses transfer hanya bisa terjadi diantara perwakilan tim manajemen dan wajib mediasi dengan pihak GARENA. Slot transfer pada season berjalan adalah sebanyak 4 (empat). Setiap pemain dilarang menginisiasi proses transfer baik secara langsung maupun tidak langsung. Setiap tim yang ingin melakukan proses/inisiasi transfer DIWAJIBKAN menyerahkan bukti terlampir yang jelas kepada pihak GARENA yaitu berupa surat pernyataan inisiasi transfer. Setiap tim yang telah berhasil melakukan proses transfer DIWAJIBKAN menyerahkan bukti terlampir yang jelas kepada pihak GARENA yaitu berupa surat pernyataan hasil transfer & surat pernyataan dengan batas waktu untuk penyelesaian transfer diterima pada tanggal 03 Januari 2022 (Roster Lock Season V). Player yang sudah di transfer dapat diturunkan setelah H+1 waktu transfer di setiap periodenya dengan catatan telat di approve/disetujui oleh pihak Garena.

Untuk 1 Season Spring (Januari – Juni 2022) semua transfer pemain akan diatur dan di supervisi secara langsung oleh tim Garena dengan batas deadline setiap bulannya dengan detail tanggal sebagai berikut:

  • 17 Januari 2022
  • 31 Januari 2022
  • 9 Maret 2022 (Final Call)

**Pemain dengan kontrak full time wajib mendapatkan biaya transfer fee sebesar 10% dari klub pembeli (Gross) saat fase on season yang mana approval proposal tim disetujui Garena. Pemain yang sudah di transfer bisa diturunkan/dimainkan setelah batas deadline transfer window berakhir/season dimulai.

**Pemain dalam 1 management organisasi esports hanya boleh pindah 1x ke tim di organisasi esports tersebut (1x transfer window)

Multiple Contract / Poaching

Garena memberikan proteksi untuk tim/player perihal poaching selama turnamen Master League berlangsung, proteksi akan diberikan apabila semua proses transfer di mediasi oleh tim Garena, tim yang ingin di proteksi wajib memberikan kontrak full time terhadap timnya sesuai dengan upah minimum Jakarta (UMR) untuk setiap pemainnya atau kontrak trial terhadap timnya dengan upah minimum sebesar Rp 1.500.000/Bulan untuk setiap pemainnya. 

Apabila kontrak dibawah upah yang sudah ditetapkan maka tim tersebut tidak dapat di protect dan apabila kedepannya pemain terlibat poaching maka Garena tidak bisa memberikan sanksi apapun. Jika kontrak atau perjanjian semacam itu diketahui ada, Garena berhak untuk melarang pemain bermain lagi hingga situasinya telah diselesaikan. Jika situasinya tidak dapat diatasi, Garena berhak untuk menghapus Pemain atau Tim yang dimaksud.

Batasan Kepemilikan

Pemilik tim tidak boleh memiliki kepentingan pada lebih dari satu tim yang berpartisipasi dalam turnamen FFML Season V Divisi 2. Apabila Organisasi/Tim Esport memiliki 2 kepemilikan tim, maka tim tersebut wajib melepas kepemilikan tim kedua (Rilis gratis/Jual*/Rebranding/Etc). Batasan ini berlaku skala nasional. 

*Ketentuan dan penjelasan Jual/Beli Tim akan ditetapkan kemudian

Sebuah “kepentingan” dapat didefinisikan sebagai salah satu dari yang berikut: kepentingan keuangan langsung atau tidak langsung, atau status sebagai pejabat, manajer, direktur, pemegang saham, atau peran lain di mana seseorang secara langsung berpartisipasi dalam operasi tim tersebut.

Garena berhak untuk membuat penentuan akhir mengenai kepemilikan Tim.

Jika Pemilik, atau afiliasi pemilik diketahui memiliki minat pada beberapa tim, Pemilik akan diminta untuk segera melepaskan tim tersebut di salah satu dari dua Tim. Garena juga dapat memilih untuk, atas kebijakannya sendiri, untuk mendiskualifikasi tim dari salah satu turnamen, dan selanjutnya melarang Pemilik dari turnamen Garena di masa mendatang.

3.3. Integritas Kompetitif

Semua peserta diharapkan untuk bermain dengan sebaik mungkin setiap saat dalam setiap pertandingan Free Fire di turnamen apa pun yang dilakukan oleh Garena. Pelanggar yang melanggar aturan ini akan dikenakan sanksi atas kebijakan pejabat Garena. Contoh berikut adalah daftar pelanggaran yang menyeluruh:

  • Kolusi – Peserta yang bekerja sama dengan orang lain, termasuk peserta lain yang bersaing untuk menipu dan mendapatkan keuntungan yang tidak adil akan dinyatakan sebagai tindakan bersalah atas kolusi. Tindakan kolusi meliputi, tetapi tidak terbatas pada:
      • Soft play – Setiap perjanjian di antara peserta untuk tidak bermain pada standar kompetisi yang wajar atau diharapkan dalam permainan
      • Pengaturan sebelumnya untuk membagi uang hadiah dan bentuk kompensasi lainnya
      • Menerima informasi dan sinyal dari sumber luar selama pertandingan
      • Sengaja kehilangan kecocokan untuk kompensasi
  • Peretasan – Setiap modifikasi klien game Garena Free Fire, termasuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memberikan keuntungan dalam game
  • Mengeksploitasi – Penyalahgunaan bug dalam game yang disengaja untuk mendapatkan keuntungan
  • Monitoring – Melihat monitor penonton atau ponsel peserta lain
  • Smurfing – Menggunakan akun pemutar atau peserta lain 
    • Multi Akun – peserta terdaftar menggunakan akun multi free fire
  • Disconnect – Pemutusan hubungan yang disengaja tanpa persetujuan pejabat
  • Penipuan – Setiap upaya untuk menipu penyelenggara turnamen atau pemain lain dengan pernyataan / informasi / dokumen palsu.

3.4. Penyelesaian Pertandingan Sepenuhnya

Setelah memulai partisipasi dalam musim Free Fire Master League (FFML) Season V Divisi 2, Seluruh tim akan terus berpartisipasi dalam Kompetisi sampai pertandingan selesai. Seluruh tim tidak akan menolak untuk berpartisipasi dalam turnamen karena alasan apapun termasuk, tanpa batasan, ketidaksepakatan dengan keputusan oleh pejabat Garena, tuduhan integritas kompetitif turnamen, atau kondisi bermain yang tidak sempurna.

Pelanggar mungkin harus kehilangan seluruh uang kemenangan mereka dari acara Free Fire Esports, dilarang ikut serta dari acara Esports di masa depan, atau kedua hal di atas.

3.5. Publikasi dan Wawancara

Dengan mengikuti turnamen FFML, semua tim dan peserta akan mengizinkan Garena untuk menggunakan aset mereka (logo, foto peserta, video wawancara, dll) dalam materi promosi. Seluruh tim wajib untuk mempromosikan turnamen Free Fire Master League (FFML) milik Garena di masing-masing sosial media milik tim yang bertanding. Dengan mengikuti turnamen FFML, pemain dari tim manapun harus bersedia untuk mengikuti wawancara pada Media Day jika diperlukan. Selain itu, pemain juga diwajibkan untuk bersedia diwawancarai oleh Official Garena sepanjang musim.

3.6. Aturan Kesehatan

Doping adalah upaya atlet untuk meningkatkan prestasi dengan menggunakan zat atau metode yang dilarang dalam olahraga dan juga doping merupakan bentuk kecurangan yang dilakukan oleh seorang atlet dan sangat bertolak belakang dengan bentuk sportivitas yang dijunjung oleh Free Fire ID. Tim dan pemain yang berpartisipasi dalam turnamen Free Fire Master League (FFML) SEASON V Divisi 2 setuju untuk bertindak sebagai kesatuan yang menghindari barang berbahaya untuk dikonsumsi dan mengedepankan nilai kompetisi yang bersih.

Kategori Doping

Adapun, kategori doping yang dimaksud serta sanksi yang diberikan antara lain:

 

  • Kasus Doping Ringan

 

Dalam kasus pemakaian doping ringan, pemain/tim yang melanggar akan dikenakan Surat Peringatan 1 dan pengurangan poin.

 

  • Kasus Doping Berat

 

Penggunaan obat-obatan yang mengandung zat peningkat kinerja, seperti Adderall. Pemain/tim yang melanggar dengan akan dikenakan sanksi pengurangan poin, larangan bermain, dan kemungkinan diskualifikasi.

 

  • Kasus Doping Berulang
  • Pemain yang sama

 

Jika terdapat pelanggaran pada poin ini, pemain tersebut akan diberikan sanksi lebih berat hingga larangan bermain seumur hidup.

 

  • Tim yang sama, Pemain berbeda

 

Jika terdapat pelanggaran pada poin ini, hukuman yang lebih berat akan dijatuhkan kepada tim.

 

  • Tim dan Pemain yang sama

 

Jika terdapat pelanggaran pada poin ini, hukuman lebih berat akan dijatuhkan kepada tim dan pemain terkait.

Obat yang Diresepkan

Pemain/tim dapat menggunakan obat-obatan tersebut JIKA pemain tersebut memiliki resep aktif yang diberikan oleh dokter dan divalidasi oleh Official Garena. Pemain/tim harus mengirim bukti ke Garena sebelum turnamen berlangsung. Selain penggunaan doping, Official Garena juga menentang pemain/tim yang bermain di bawah pengaruh alkohol atau obat psikoaktif lainnya. Jika terdapat pelanggaran dalam aturan doping, alkohol, dan obat terlarang, pemain/tim tersebut dapat diberikan hukuman berat, denda, diskualifikasi, sampai larangan bermain pada musim selanjutnya. Aturan ketetapan dan hasil diskusi Official Garena dalam penegakan obat-obatan ini bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

3.7. Hak Keikutsertaan

Season Selanjutnya

Hak keikutsertaan tim untuk season selanjutnya dalam FFML akan terus ada walaupun roster awal digantikan seluruhnya (kecuali tim mengalami degradasi).

Turnamen Lanjutan FFML

Hak keikutsertaan tim akan hilang dalam turnamen lanjutan dari FFML ini (Divisi 1, FFIM, atau Pertandingan Internasional) jika dalam satu season yang sama, seluruh roster digantikan seluruhnya.

4.1. Umum

Hanya pemain yang terdaftar pada Free Fire Master League (FFML) Season V Divisi 2 yang dapat mengikuti pertandingan. Semua pemain dan tim harus membaca dan mengikuti regulasi turnamen dan siap menjunjung tinggi semangat sportifitas dan fairplay. Penggunaan program ilegal dalam bentuk apapun akan dikenakan hukuman dengan bentuk yang ditentukan oleh Official Garena.

Turnamen terdiri dari 18 tim Esports dan tidak lagi dibagi menjadi 3 grup yang masing-masing grup terdiri dari 6 tim. 2 grup akan disatukan menjadi 1 matchday dengan total bertanding 12 match dalam 6 minggu (REGULAR SEASON) dimana per-match-nya akan bertanding menggunakan best of 6 series. 

Turnamen FFML mempunyai fase Regular Season, berikut format pengaturan lobby turnamen:

  • Server : Online Live Server Indonesia
  • Mode : Battle Royale Squad
  • Gun Properties/Status : Non-aktif
  • MAP BEST OF 6 

Bermuda Remastered > Kalahari > Purgatory > Bermuda Remastered > Kalahari > Purgatory

 

*NOTES PERGANTIAN PEMAIN*

Ketentuan pergantian pemain hanya dapat dilakukan pada setiap game dengan menghubungi wasit/LO. Dengan ketentuan:

  • Pemain yang ingin digantikan harus sudah standby sebelum game yang ditentukan berakhir. 
  • Manajer/Tim harus menghubungi LO masing-masing terlebih dahulu untuk memberikan informasi pergantian pemain ini maksimal 1 menit sebelum MATCH BERAKHIR.

4.2. Struktur Turnamen

Regular Season

Tim yang bertanding pada fase ini adalah 18 tim yang terbagi menjadi Grup A,B dan C yang akan bermain di setiap minggunya. Rincian proyeksi Tim adalah sebagai berikut:

  • Free Fire Indonesia Masters (FFIM)
    • Rank 1-3: Play-Ins Free Fire Indonesia Masters
    • Rank 4-12: Grup Finals Free Fire Indonesia Masters
    • Rank 13-18: Quarter Finals Free Fire Indonesia Masters
  • Season selanjutnya di Free Fire Master League (FFML)
    • Rank 1-3: Promosi di Divisi 1
    • Rank 4-12: League Division Qualifiers Divisi 1
    • Rank 13-18: League Division Qualifiers Divisi 2

4.3. Scoring & Tiebreaker

Penentuan peringkat pada saat match day ditentukan dengan akumulasi poin yang dikumpulkan oleh tim pada saat match berlangsung. Tiebreakers ditentukan oleh:

  • Total BOOYAH!
  • Total kill
  • Peringkat placement terakhir.

KLASEMEN KESELURUHAN ditentukan dengan akumulasi poin yang dikumpulkan oleh tim selama regular season berlangsung. Jika terdapat kesamaan dalam Klasemen Keseluruhan (Klasemen Akumulasi), peringkat ditentukan dengan:

  • Total BOOYAH!, 
  • Jika terdapat total booyah yang sama, peringkat akan ditentukan dengan total kill
  • Jika terdapat kesamaan kembali ditentukan dengan average last placement selama pertandingan yang sudah dijalankan. 

Tim akan bertanding dengan 6 round dengan map yang sudah ditentukan, dengan perhitungan poin sebagai berikut dan akan terus terakumulasi selaman 12 match day.

 

Point per kill 1

 

Placement Points Point
1st 12
2nd 9
3rd 8
4th 7
5th 6
6th 5
7th 4
8th 3
9th 2
10th 1
11th 0
12th 0

4.4.Prosedur dan Jadwal Pertandingan

Jadwal FREE FIRE MASTER LEAGUE SEASON V Divisi 2 adalah setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu* pukul 19.00 WIB. Pertandingan minggu pertama akan dimulai pada 14 Januari 2022. Berikut adalah jadwal lengkap resmi FFML Season V Divisi 2: 

Match Day Group Day Date
Match 1 AB Fri 14 January 2022
Match 2 BC Sat 15 January 2022
Match 3 AC Sun 16 January 2022
Match 4 AB Fri 21 January 2022
Match 5 AC Sat 22 January 2022
Match 6 BC Sun 23 January 2022
Match 7 BC Fri 28 January 2022
Match 8 AC Sat 29 January 2022
Match 9 AB Sun 30 January 2022
Match 10 BC Fri 4 February 2022
Match 11 AB Sat 5 February 2022
Match 12 AC Sun 6 February 2022

Mekanisme Pertandingan

 

  • Online-Offline

 

Mekanisme pertandingan berjalan secara online-offline, dimana mekanisme pertandingan ini mewajibkan pemain dan tim untuk:

  • Berada di satu tempat yang sama
  • Official Garena akan mengirimkan observer (PIC Offline)* ke tempat tim yang bertanding sebagai wasit untuk memantau jalannya match selama musim berlangsung
  • Tim wajib memiliki webcam di tempat bermain
  • Webcam harus dalam keadaan menyala agar memudahkan tim Garena untuk memantau match yang berlangsung
  • Pemain dilarang meninggalkan tempat bermain jika match belum dinyatakan selesai
  • Tim dan pemain harus berada pada server dan lobby permainan selambat-lambatnya 10 menit sebelum pertandingan dimulai.

Etiket Pertandingan

Pertandingan harus dimulai tepat waktu. Official Garena berhak untuk meninggalkan tim yang bertanggung jawab atau sengaja menunda pertandingan lebih dari 5 menit batas toleransi. Obrolan dalam game [All] diutamakan untuk komunikasi antara tim dan official dan hanya boleh digunakan untuk diskusi yang berhubungan dengan game yang disiapkan. Segala bentuk pelecehan (toxic) melalui game harus dikurangi dan sangat dibatasi.

Ketepatan Waktu dan Keterlambatan

Jika tim tidak memiliki 4 pemain di dalam lobby melebihi 5 menit dari waktu yang dijadwalkan, maka tim tersebut akan dianggap tidak mengikuti pertandingan di ronde tersebut dan akan menerima kekalahan default. Tidak ada permintaan perubahan waktu. Jika terdapat tim/pemain yang tidak bisa memenuhi, akan dikenakan penalti. Tim yang terlambat/tidak hadir pada waktu pertandingan yang telah ditentukan, maka akan dianggap gugur/WO. Tim yang melanggar peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan akan dianggap gugur/WO.

Menunda Pertandingan

Official Garena tidak berkewajiban untuk menunda pertandingan untuk mengakomodasi pemain/tim yang terlambat. Penundaan pertandingan harus sudah di konfirmasi oleh Official Garena. Penundaan dapat terjadi jika ada kejadian luar biasa seperti cuaca ekstrim, masalah server / bug dalam game, dll.

Waktu Mulai Pertandingan

Semua peserta selama pertandingan fase regular season WAJIB sudah siap tempat yang tentukan pukul 17.30 WIB

Perangkat Tambahan

Selama turnamen berlangsung, pemain harus menggunakan perangkat yang disediakan oleh Official Garena. Dilarang bermain dengan segala perangkat tambahan (emulator), termasuk penggunaan tombol/fitur tambahan baik berupa gamepad ataupun controller L1 dan L2. 

4.7. Server Permainan

  • Version Game

Versi game akan dimainkan di OB terbaru, tersedia dari Google Play dan iOS App Store pada *tanggal menyesuaikan jadwal update patch.

  • Aturan Peralatan

Peserta bermain di lokasi yang ditentukan dan harus menggunakan perangkat seperti yang diinstruksikan oleh Official Garena. Semua peralatan, skin, custom, weapon skins, equipment skins, dan loadout lainnya akan tersedia untuk digunakan. Efek penyesuaian stat yang disediakan oleh skin akan dimatikan.

4.6. Pengulangan Pertandingan

Segala bentuk gangguan seperti lagging, crash device, dan lain-lain adalah tanggung jawab masing-masing pemain. Apabila ditemukan gangguan yang disebutkan, pengulangan pertandingan hanya akan dilakukan apabila gangguan tersebut terjadi kepada seluruh tim sebelum tim mendarat. Apabila seluruh tim telah mendarat, maka pertandingan akan tetap dilanjutkan. Batas maksimal dalam melakukan rematch adalah 2x. Apabila sudah melebihi 2x dan pertandingan tersebut masih mengalami kendala, maka pertandingan tersebut akan tetap dilanjutkan.

4.5. Protes Pertandingan

Protes pertandingan dapat diajukan maksimal 48 jam setelah pertandingan berakhir. Isi protes harus terperinci tentang mengapa protes diajukan, bagaimana hal tersebut bisa terjadi, dan kapan hal itu terjadi. Bentuk protes dapat ditolak jika terdapat isi dokumentasi yang kurang disajikan. Kata sederhana seperti ‘mereka curang’ tidak akan cukup sebagai bentuk bukti protes.

5.1. Umum

Ketika pemain/tim telah melanggar satu atau beberapa aturan yang telah ditetapkan oleh Official Garena, akan dirujuk ke bagian ini untuk penetapan sanksi yang sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.

5.2. Pelanggaran Etiket

Demi menciptakan turnamen yang menyenangkan dan teratur, sangat penting untuk semua pemain memiliki sikap yang sportif dan adil. Pelanggaran yang paling penting dan paling umum, tercantum di dalam bagian ini. Official Garena juga berhak memberikan jenis sanksi yang kemungkinan tidak terdaftar secara eksplisit. (Contoh: Pelecehan)

Pencemaran Nama Baik/Penghinaan

Pencemaran nama baik terkait dengan FFML dan Garena akan ditindak lanjuti. Sanksi ini berlaku selama pertandingan FFML dan pertandingan yang diadakan oleh Garena. Penghinaan terhadap Free Fire, Turnamen Garena, Media Sosial, Email, dan/atau sarana komunikasi lainnya akan dikenakan sanksi jika terbukti melakukan penghinaan / pencemaran nama baik. Pada kasus pelecehan berat dengan pernyataan yang radikal, ancaman, dan kekerasan fisik dapat menghasilkan sanksi yang lebih berat.

Spamming dalam Discord/WhatsApp

Fungsi media komunikasi yang diberikan oleh Official Garena adalah media untuk berkomunikasi yang efisien dengan lawan ataupun Official selama turnamen berlangsung. Tim/Pemain yang melakukan spam di dalam media tersebut akan dikenakan sanksi. 

Perilaku Tidak Sportif

Pelanggaran dalam poin ini dapat terjadi jika terdapat upaya dari pemain/tim untuk menyesatkan admin atau pemain lain menggunakan informasi palsu, atau dengan menipu pemain/tim lain. Jika terdapat pelanggaran ini, pemain/tim tersebut akan mendapatkan sanksi luar biasa.

 

5.3. Pelanggaran Pertandingan

Meninggalkan Pertandingan

Sangat penting bahwa semua pemain harus bersikap sportif dan adil. Jika pemain/tim terdapat meninggalkan pertandingan, maka akan dirujuk untuk hukuman yang sesuai, dimana semua hukuman umum dicantumkan di bawah ini: 

  • Sanksi Ringan : Pengurangan poin sebesar 20, di poin match day
  • Sanksi Sedang : Pengurangan poin sebesar 40, di poin match day
  • Sanksi Berat : Pengurangan poin sebesar 80, di klasemen akumulatif.
  • Sanski Sangat Berat : Pengurangan poin sebesar 160, di klasemen akumulatif.
  • Sanksi Luar Biasa : Larangan bermain sebanyak 2x matchday, dan tidak  mendapat poin.

5.4. Pelanggaran dan Konsekuensi Meninggalkan Turnamen

  • Jika terdapat tim yang meninggalkan turnamen di dalam musim yang sedang berlangsung, tim tersebut akan kehilangan seluruh akumulasi hadiah yang akan diterima untuk seluruh musim.
  • Jika terdapat tim yang meninggalkan turnamen di dalam musim yang sedang berlangsung, seluruh pemain yang ada di tim tersebut akan mendapatkan larangan bermain di seluruh turnamen yang diselenggarakan Garena, seumur hidup*.

*Pelanggaran tersebut akan dibahas lebih lanjut & keputusan mengenai pelanggaran tersebut adalah mutlak dari Official Garena.

5.5. Lain-Lain

Sanksi atau pelanggaran yang lain diatur dalam bagian ini mencangkup antara lain:

  • Pemalsuan Media Pertandingan

Memalsukan hasil/media pertandingan dapat menghasilkan sanksi sedang.

  • Ringer/Faker 

Setiap pemain yang terlibat dalam pemalsuan atau ringing akan memperoleh sanksi ringan.

  • Bermain dengan Pemain yang Dilarang

Tim yang berusaha memainkan pemain yang sedang menjalani masa larangan atau pemain yang melanggar rulebook akan mendapatkan sanksi luar biasa.

  • Perjudian / Taruhan

Tidak ada pemain, manajer tim, atau staf manajemen yang terlibat taruhan atau perjudian. Baik dalam bergaul dengan atasan atau penjudi, memberikan informasi apapun kepada siapapun yang dapat membantu proses perjudian baik secara langsung maupun tidak langsung. Perjudian merupakan tindakan yang dapat mencoreng organisasi dan sportifitas, siapapun yang melanggar ketentuan ini akan mendapatkan sanksi luar biasa.

  • Kecurangan 

Segala bentuk kecurangan seperti: pemanfaatan/penggunaan bug, penggunaan program ilegal (cheating/hack), teaming/kerjasama, penggunaan emulator, penggunaan tombol fitur/control tambahan (gamepad) merupakan bentuk kecurangan yang dilarang keras terjadi pada turnamen FFML. Jika terdapat bentuk kecurangan yang disebutkan akan memberikan sanksi berat hingga sangat berat kepada pelanggarnya.

6.1. Prosedur Distribusi & Rincian Hadiah

Distribusi hadiah pada fase Regular Season akan dibayarkan selambat-lambatnya 45 hari setelah final turnamen selesai. Jika tim atau pemain kehilangan informasi pembayaran dan tidak berusaha untuk menghubungi Official Garena, uang hadiah tidak akan dibayarkan sampai informasi tersebut diperbaiki. Adapun rincian hadiah yang akan diterima pada fase Regular Season sebagai juara pot adalah sebagai berikut:

Untuk memenuhi pembayaran hadiah, tim harus menyelesaikan 100% pertandingan sampai akhir musim. Uang hadiah akan di transfer melalui rekening Bank. Kegagalan dalam memberikan informasi yang cukup untuk menyelesaikan pembayaran akan mengakibatkan pembayaran tidak dilakukan. 

6.2. Sanksi dan Penarikan Uang Hadiah

Jika hadiah uang turnamen atau stipends belum dibayarkan, Official Garena berhak untuk membatalkan pembayaran yang tertunda jika ditemukan pelanggaran antara lain:

  • Tim/pemain melakukan pelanggaran terhadap ketentuan transfer pemain (termasuk tapi tidak terbatas pada hal administrasi berupa surat pernyataan inisiasi transfer, surat pernyataan hasil transfer, dan surat pernyataan perubahan roster)
  • Tim/pemain melakukan pelanggaran terhadap kewajiban dalam bentuk marketing/promotion dan sponsorship/endorsement. 
  • Tim/pemain melakukan pelanggaran terhadap kode etik pertandingan
  • Tim/pemain melakukan pelanggaran lain sepanjang keikutsertaannya yang kemudian akan ditentukan dan diputuskan secara mutlak oleh Garena

KLAIM TURNAMEN

Seluruh keputusan yang dikeluarkan oleh Official Garena bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Panitia BERHAK MENGUBAH DAN MEREVISI peraturan kapanpun tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, demi kenyamanan dan kelancaran turnamen.

Dengan membaca “RULEBOOK FREE FIRE MASTER LEAGUE SEASON V Divisi 2” dan menandatangani dokumen “PERJANJIAN PARTISIPASI ACARA FREE FIRE MASTER LEAGUE”. Anda dianggap telah sepenuhnya mengerti dan setuju dengan seluruh rangkaian acara serta sanksi yang telah ditentukan.