Hi Survivors!

Untuk para penggemar skema kompetitif esports khususnya Free Fire Esports, tentu banyak dari kalian yang berkeinginan menjadi pro player. Banyak dari atlet esports professional Free Fire yang mendapat kesuksesan dan meraup keuntungan besar dan hadiah dari turnamen dengan menjadi professional player.

Nah, banyak dari kalian yang mungkin belum tahu bahwa dibalik kesuksesannya skema kompetitif suatu esports khususnya di Free Fire, ada banyak sekali profesi selain pro player. Yuk kenali apa saja profesi esports selain menjadi pro player!

1. Shoutcaster

Untuk yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan Survivors. Menonton pertandingan rasanya seperti sayur tanpa garam jika pertandingan tidak dipandu oleh Shoutcaster. Pada pertandingan biasanya terdapat dua orang shoutcaster yang bertugas untuk memandu jalannya pertandingan, serta memberikan info dan analisis tentang pertandingan yang berjalan.

Untuk menjadi Shoutcaster Free Fire sendiri kamu harus memahami betul gameplay dan META yang berjalan, lalu banyak berlatih tangkas dalam menganalisis dan membawakan pertandingan. Selebihnya tentu diperlukan jam terbang untuk menjadi shoutcaster handal.

2. Analyst

Berbeda dengan shoutcaster, analyst biasanya bekerja seorang diri di panel yang berbeda. Analyst akan memberikan penonton info-info seputar meta, performa para tim, statistik performa mereka maupun titik turun semuanya dikupas habis oleh analyst.

3. Team Manager

Nah, kalau dua profesi di atas adalah profesi yang “tampil” di atas panggung, profesi berikutnya ini biasanya tidak tampil di layar. Team Manager bertugas untuk mengelola tim. Mulai dari mengatur jadwal, memerhatikan kebutuhan player, dan menjembatani antara tim dengan pihak official turnamen. Meski nampak mudah, nyatanya menjadi team manager bukan suatu hal yang sederhana. Diperlukan ketelitian dan disiplin yang kuat untuk membentuk tim yang terorganisir dengan baik.

4. Coach/Pelatih

Sumber: instagram.com/heyskyla

Terakhir, ada Coach/Pelatih. Mulai season 2021 Spring Free Fire Esports mewajibkan adanya coach atau pelatih di dalam setiap tim untuk memperkuat dan semakin mempercantik performa setiap tim yang ditampilkan. Coach/Pelatih biasanya merupakan seseorang yang berpengalaman di dalam game. Sebut saja pelatih kondang seperti DG FayadMKS, RBR FuddinMS, dan BOSS.Skyla pada season lalu.

Nah itu tadi 4 profesi esports selain pro player. Adakah dari profesi di atas yang kalian minati?